Sunday, January 20, 2013

Japanese Cheesecake Recipe

Satu lagi ah sharing sebelum tidur.


RESEP CHEESECAKE JEPANG

Bahan-bahan:
100gr gula halus
6btr kuning telur
6btr putih telur
1/4sdt cream of tartar
50gr butter
250gr cream cheese
100ml susu cair
60gr tepung terigu
20gr tepung maizena
1/4sdt garam

Cara membuat:
1. Panaskan oven. Olesi loyang dengan butter secara merata.
2. Dengan cara double boiler, lelehkan cream cheese, butter dan susu. Dinginkan dan sisihkan.
3. Campur tepung terigu, tepung maizena, garam dan kuning telur. Masukkan campuran cream chese, dan aduk sampai rata dan tidak menggumpal.
4. Kocok putih telur dan cream of tartar hingga sedikit kaku, lalu masukkan gula sedikit demi sedikit. Kocok terus hingga kaku.
5. Masukkan kocokan putih telur ke campuran cream cheese hingga tercampur rata. Tuang adonan ke dalam loyang. Tutupi loyang dengan alumunium foil, sehingga kue bagian atas tidak mudah mencoklat.
6. Panggang adonan dengan cara water bath selama 1 jam. Kalau sudah kecoklatan dan tes tusuk bersih, buka alumunium foil-nya dan biarkan di dalam oven beberapa saat dengan pintu oven terbuka.





Cheesecake ini juga dapat dinikmati dengan tambahan toping buah. Misalnya selai blueberry. Membuatnya dengan cara double boiler masukkan selai blueberry, gula halus dan agar-agar putih atau gelatin dan air secukupnya. Aduk hingga kental. Setelah cheesecake dingin, tuang diatasnya.



Resep modifikasi dari The Little Teochew. Di blognya Ju, ada juga tambahan tips dan triknya dalam membuat Japanese Cheesecake ini.

Selamat menikmati, foto menyusul ya :)

No comments:

Post a Comment