Sunday, January 20, 2013

Basic Cupcakes Recipe

Berkomitmen sama blog itu susah ya.. Apalagi buat saya yang males nulis ini. Tugas kuliah aja ngerjainnya kalau udah mepet banget hehe

Sekarang mau share resep dasar cupcakes. Ini sebenernya sekalian buat catatan. Biasanya punya buku yang isinya catatan resep, tapi sekarang buku itu sedang menghilang entah kemana. Pas Kerlap minta dibikinin cupcakes, terpaksa deh browsing ulang lagi. Padahal di catatan itu udah dimodif sesuai selera. Udah coba beberapa resep cupcakes, tapi menurutku ini yang paling enak. Mungkin karena lembut dan banyak telurnya. Silahkan dicoba ya..

Resep ini modifikasi dari Chocoloveid-nya mbak Ria:

RESEP DASAR CUPCAKES

Bahan A
200gr Butter
50gr Margarin
200gr Gula Halus

Bahan B (campur dan aduk rata)
6btr Telur
50gr Susu Cair
1sdt Vanila

Bahan C (campur dan ayak)
200gr Tepung Terigu
15gr Maizena
10gr Susu Bubuk
1/2sdt Baking Powder

Cara Membuat:
1. Panaskan oven, biasanya untuk membuat kue, suhunya 185C.
2. Siapkan loyang cupcakes, masukkan paper cup ke dalamnya.
3. Kocok bahan A dengan mixer kecepatan rendah sampai tercampur. Tidak usah lama-lama.
4. Masukkan bahan B dan C secara bergantian, sambil tetap dikocok. Setelah tercampur langsung matikan mixer, tidak usah lama-lama.
5. Tuang adonan ke paper cup, kira-kira 2/3 atau 3/4 cup saja.
6. Masukkan ke dalam oven selama 10-15 menit.
7. Setelah permukaan berwarna kuning keemasan dan tes tusuk bersih, angkat cupcakes dan dinginkan. Setelah dingin baru dihias sesuai selera atau langsung saja dinikmati tanpa frosting.

Saya bilang tadi kalau ini adalah resep dasar. Karena bisa dibuat cupcakes rasa lainnya. Kalau mau coklat, tinggal tambah coklat bubuk 1 sendok. Kalau rasa pisang atau wortel, setelah langkah ke 4, masukkan pisang lumat atau parutan wortelnya. Vanilanya bisa diganti dengan bubuk kayu manis. Gula halus juga bisa dikurangi dan ditambah gula palem untuk beberapa modifikasi cupcakes.

Suhu oven dan lama memanggang itu bervariasi. Tergantung ovennya masing-msing. Yang ditulis dalam resep ini adalah berdasarkan pengalaman oven saya. Waktunya bisa tergantung banyaknya cupcakes yang dipanggang bersamaan. Kadang mesti ditungguin, kalau ditinggal mengurus anak sebentar aja biasanya udah terlalu matang hehe Walaupun belum gosong.

Oya, harus dipastikan saat mengocok adonan jangan terlalu lama. Karena kalau kelamaan, nanti waktu dipanggang akan mengembang sampai luber dan saat dingin akan kempis cupcakesnya. Untuk menghindari permukaan atas yang basah, beberapa menit terakhir sebelum matang, api oven diubah menjadi api atas saja. Sehingga permukaan oven lebih kering. Tapi juga jangan terlalu lama, nanti cupcakesnya pecah. Bicara memanggang harus pake perasaan ya, dan juga trial error. Selama buat sendiri sih yang penting masih bisa dimakan ya, kadang bentuk itu nomer kesekian hehe Yang penting puas bikin kuenya hehe

Resep ini kira-kira bisa untuk 12 cup. Trgantung berapa banyak adonan tiap cupnya. Semoga resep ini dapat berguna buat saya dan orang-orang yang membutuhkan ya :) Selamat ber-cupcakes ria..

No comments:

Post a Comment