Sunday, January 20, 2013

Emak (mabok) Kuliah

Episode 2 dimulai..

Hari pertama kuliah juga kalang-kabut. Supir gak ada, jadi bawa mobil sendiri. Jadi mesti muter Margonda, dan ternyata kalau pagi itu macet. Berangkat pagi juga dengan tujuan biar cepat pulang. Kilau yang gak biasa ditinggal ibunya, hari itu rewel berat. Suamiku juga nelponin terus, kondisi di kampus juga sama gak enaknya soalnya.

Hari pertama di kampus, jadwal yang dipilih awal, ternyata salah semua. Dosennya gak ada lah, kelas gak ada lah, jamnya berubah lah. Duh, sia-sia bener hari itu di kampus. Selain itu juga telpon terus bunyi dari rumah, Kilau gak berhenti nangis. Haduuuuhhhh, akhirnya menyerah dengan ketidakpastian di kampus dan pulang. Sampai rumah Kilau sudah tidur, sambil tetap terisak-isak. Aduh, kasian banget deh.

Hari kedua sama juga yang terjadi, gak ada dosen, kelasnya kekecilan dan yang pasti tetep belum ada kuliah. Dan akhirnya tiba hari jumat, hari bertemu anak Gizi. Ternyata aku satu-satunya yang dari sarjana Psikologi. Bahkan di FKM pun mungkin cuma aku seorang. Dan dosen pun pesan, harus banyak belajar buat mengejar tentang hal-hal kesehatan yang belum pernah dipelajari. Suamiku mulai download dan copy buku-buku gizi buat dipelajari, ada kali 2 dus besar. Liatnya aja udah mabok duluan.

Jadi ibu sambil kuliah itu ternyata berat ya. Banyak masalah bukan sama pelajaran aja, tapi juga sama masalah anak-anak. Mau ngrjain tugas, Kilau mau digendong lah, mau ujian Kerlap yang jadi demam lah. Duh, masalahnya domestik banget ya. Belum lagi tambahan masalah gaptek. Bikin tugas tulis komputer itu bikin frustasi. Mana masih ngetik pake 11 jari, word yang dipakai udah lebih canggih dari terakhir kali dekat dengan word. Padahal itu juga bukan versi terbaru, hanya lebih baru saja. Merasa geblek banget aja, mana jadinya tugas juga gak bagus-bagus banget.

Senangnya yaitu punya teman-teman baru. Walaupun teman sepantaran gak ada. Adanya kalau gak tua banget hehe ya muda banget. Ada yang sudah malang melintang di dunia gizi, dan mereka mau berbagi ilmunya. Pertanyaan-pertanyaan dasarku juga dijawab dengan sabar sama mereka. Tugas kuliah mengharuskan (walaupun nantinya ternyata gak berpengaruh di nilai) kita pergi ke Magelang dan Bogor. Itu makin mendekatkan teman-teman gizi, bisa disebut sebagai me time juga deh.




Kuliah ini membuat aku makin bersyukur. Ternyata hidupku itu enak banget ya. Gak kebayang ada yang punya anak, tetep kerja ditambah kuliah. Aku udah pingsan dan depresi pasti. Apalagi ditambah rumahnya jauh banget dari Depok. Tobat deh. Dulu aku di rumah, pake daster kerjanya makan, tidur, nonton tivi dan main game. Sedangkan banyak yang hidupnya penuh perjuangan.

Sekarang semester satu udah terlewati. Yaaahhh, nilai sih pas-pasan. Lumayan lah buat ibu rumah tangga yang gak pernah belajar kesehatan. Mana gak pernah belajar serius juga. Disini gak mau komplen soal dosen dan fakultas ah, males aja, bikin bete. Semoga semester kedua lebih baik. Anak-anak juga mulai biasa ditinggal sama ibunya. Kalau pulang malah jadi kangen-kangenan, makanya biasanya tugas PR juga kacau.

Semoga juga tujuan awal tercapai. Peningkatan diri sendiri, dapat ilmu baru yang berguna dan nantinya juga dapat meningkatkan kehidupan yang lebih baik juga. Cita-cita bikin klinik anak semoga juga dapat tercapai. Semoga juga bisa meluas ke day care dan sekolah. Amin.

2 comments:

  1. Wah di UI to mbak kuliahnya...
    Nama anaknya bagus sukaaaa ^^

    ReplyDelete
  2. maaf baru bales, sibuk kuliah nih *alesan banget*
    iya kuliah di UI, yg deket rumah..
    makasih yaaaaaa :)

    ReplyDelete