Sunday, January 20, 2013

Emak Kuliah

Mumpung lagi buka blog, mau nulis hal lain ah. Abis ini gak tau kapan lagi mau nulis blog hehe

Jadi ceritanya, ibunya Kerlap dan Kilau mulai September 2012 jadi mahasiswa lagi. Awalnya karena mulai stres kelamaan di rumah. Dari dulu dibentuk bukan jadi ibu rumah tangga yang baik. Tapi apa daya karena males yang berkepanjangan, jadinya urus anak aja. Tapi beberapa bulan terakhir ini rasanya pengen berbuat sesuatu buat diri sendiri deh. Peningkatan SDM diri sendiri gitu lah maksudnya.

Berhubung gak pernah kerja formal, ya dianggaplah gak punya pengalaman kerja. Jadinya gak mungkinlah kerja. Kata suami juga, kalau gajinya cuma abis diongkos, mending di rumah aja jaga anak-anak. Oleh karena itu, dicarilah solusi tengah, yaitu sekolah S2. Pertama ya untuk merangsang otak biar bisa kerja lagi, bisa mikir lagi. Dan ternyata itu susaaaahhhh. Kedua, sekolahnya dekat rumah, jadi gak tua di jalan dan kalau anak-anak butuh ibunya, ibunya bisa cepat datang. Naik ojek cuma 5 menit. Ketiga, kuliah itu masih part-time, jadinya waktunya bisa bagi-bagi sama ngurusin anak.

Awalnya cari tau dulu soal pendaftaran S2. Sempet juga mikir masuknya mau tahun 2013 aja, yang tahun 2012 itu percobaan masuk dulu. Dengan pertimbangan yang ketiga, tadinya pengen juga ambil profesi psikologi, tapi itu mesti full time, sedangkan dengan keadaan sekarang masih gak memungkinkan. Makanya iseng deh ambil Gizi di FKM. Aneh rasanya tapi menurutku itu masih dekat sama dunia yang dijalani sekarang. Paling gak berguna buat diri dan orang-orang tdekat dulu.

Pas mau ujian aja heboh banget. Ujian kan pagi, mana udah gak biasa bangun dan sarapan pagi. Kilau juga ternyata gak mau lepas nyusunya. Terpaksa deh berangkat mepet. Tambah lagi karena hari minggu pagi, gak ada ojek di depan komplek. Akhirnya dianterin dulu naik mobil sama papa ke pangkalan ojek terdekat. Pas mau masuk gerbang UI yg dari kukusan ternyata ditutup karena acara ujian ini. Hadeeeuuuuhhh, turun dari ojek, loncat pagar UI bharap ada ojek di dalam UI. Ada motor yang terdekat udah mau naik aja, ternyata bukan ojek. Untung gak lama ojek datang. Langsung deh ngebut ke tempat ujian. Untung juga gak naik mobil, di dalam UI macet banget.

Udah gitu karena buru-buru pagi itu, mules perut datang. Mules ini selalu datang kalau lagi nervous. Mana di fakultas hukum itu minim WC lagi. Pas sampai kelas, ternyata lembar jawaban sudah dibagikan, udah dibacakan juga peraturan. Yang pertama TPA, jadi banyak muka2 psikolog yang dikenal, jadi malu deh. Nah peraturan dibilang selama tes 2,5 jam, gak boleh keluar kelas, jadi yang mau ke kamar mandi sekarang aja. Langsunglah ke kamar mandi dulu dan berharap selama tes gak mules lagi. Dan ternyata tetap muleeeeeeesssss, untung masih bisa ditahan. Nah, karena tadi gak denger peraturannya, makanya pas ngerjain TPA main isi aja, baru pas udah selesai tahap pertama baru seet baca peraturannya kalau penilaian itu -1 kalau salah. Jadilah menghapus beberapa jawaban yang gak pasti tau.

Setelah 2,5 jam, eh atau 3,5 jam yaaaa, lupaaaa, akhirnya selesai juga. Mules belum selesai. Tadi udah bilang kan kalau WC di fakultas hukum itu sedikit. Bener aja, pas keluar kelas, WC perempuan udah puenuuuuuhhhh banget, antrinya ampe jauh banget di luar kamar mandi. Nah, karena anak-anak udah sampai kampus, bareng suami dan papa mama, akhirnya turun dulu deh. Ketemu Kilau langsung nyusuin dulu, ninggalin ASIP sih tapi cuma sedikit dan Kilau gak biasa minum ASIP. Abis itu masih mesti cari WC lagi karena masih mules, tetep ya..

Nah tes kedua adalah tes bahasa inggris. Sebelum hari tes, sempat liat contoh tes sebelumnya dari web UI. Langsung bengong karena soal mudah ada jadi gak bisa saking blank-nya isi kepala. Terus suamiku bilang, yah jawab dinalar aja, kalau perlu diterjemahin dulu, mana jawaban yang masuk akal. Nah jadilah pas mengerjakan tes banyak nerjemahin dulu, lama deh tuh. Tau-tau pas dikasih peringatan waktu tinggal 1 jam lagi, soal yang belum dikerjakan ada setengah buku sendiri, kira-kira ada 5 bacaan lagi. Paniiiikkkk!! Langsung baca skimming aja, jawab yang udah pasi aja dulu. Bahkan ada beberapa tulisan gak dibaca semua tapi jawab pertanyaan karena udah lumayan tau topiknya. Beruntung banget pas waktu abis, jawaban yang gak terisi cuma sedikit.

Abis itu leganyaaaaa, bikin lapar banget. Dari pagi gak bisa makan, mules, siang gak cukup waktu buat makan. Pas nelpon suami, eh pada makan di mang Engking. Senaaaaangnyaaaa.. Sambil bayangin, ini pas ujian aja heboh ngatur urusan anak-anak, gmana kuliah nanti ya?!

Pas pengumuman penerimaan, suamiku yang rajin nungguin. Jam 12 malam lewat sedikit dia buka dan bilang aku keterima. Waaaaahhhh senangnya, ternyata yang gak pede sampai mules mules diterima juga. Lalu galau.. Saat itu lagi gak punya mbak yang nginep di rumah, mbak yg PP cuma satu. Mama gak bisa nemenin anak-anak karena baru juga punya kerjaan. Nah gimana tuuuhhh.. Ditunggulah sampai detik-detik terakhir pembayaran, akhirnya datanglah mbak Denis. Abis punya mbak, langsung bayar uang kuliah dan daftar ulang.

Lanjut episode 2 ya :)

No comments:

Post a Comment