Thursday, May 16, 2013

No Oil Carrot Cupcakes



Pada suatu hari Sabtu, tercetuslah ide bersama teman-teman anak gizi untuk makan bersama di hari Jumat. Itulah hari dimana seharian ampe mabok, anak gizi kuliah bersama. Selain bawa lauk pauk, ku tak rela kalau gak bawa kue. Kue itulah salah satu hal yang buat me-time kalau ribet banyak tugas kuliah dan rumah hehehe

Setelah browsing beberapa resep, akhirnya kepikiran sebuah kue yang sehat. Yah itung-itung latihan sebagai 'ahli gizi' hahahaha Kue itu adalah kue wortel (cupcakes wortel sih tepatnya). Setelah browsing-browsing mabok (sambil ngiler) akhirnya kepikiran juga kalau bikinnya tanpa minyak sayur. Selain kepikiran itu kurang sehat, karena berminyak, juga karena vegetable oil di Indonesia cukup mahal. Minyak sayur itu membuat cupcakes jadi lebih moist. Nah ternyata bisa digantikan dengan puree buah. langsung deh makin cling idenya untuk buat cupcakes tanpa minyak sayur.






Ini adalah foto satu-satunya. Karena selain buru-buru manggang di pagi hari, pas sampai kelas langsung ludes juga. Pas banget dimakannya barengan sama sule (susu kedelai) buatan teman sekelas juga.

RESEP CUPCAKES WORTEL TANPA MINYAK SAYUR
Resep dimodifikasi dari playing house.

1 1/4 cup vegetable oil --> diganti saus apel (1kg apel malang kupas + bubuk kayu manis dimasak dalam slow cooker, setelah lembek, diblender sampai lembut)
1 cup gula palem + gula putih
4 telur
2 cup tepung terigu
1 sdt garam (waktu itu gak pake, lupa hehe)
1 sdt soda kue
2 sdt bubuk kayu manis + spekkoek
3 cup wortel parut (kira-kira 5 wortel lokal ukuran sedang)
1 cup kacang kenari

Cara Membuat:
1. Campur saus apel dan gula sampai rata. Setelah itu masukkan telur satu persatu. Kocok sampai rata. Bisa kocok dengan tangan saja, tidak mesti pakai mixer.
2.  Dalam mangkok, campur tepung terigu, garam, soda kue dan bubuk kayu manis dan spekkoek. Ayak sampai habis. Setelah itu masukkan dalam adonan campuran telur. Aduk hingga rata.
3. Setelah tercampur, masukkan parutan wortel dan kacang kenari. Aduk lagi hingga rata.
4. Masukkan ke dalam cup individual dan panggang selama 20-25 menit dengan suhu oven 270C. Jangan lupa lakukan tes tusuk.
5. Langsung sajikan hangat-hangat atau tunggu sampai benar-benar dingin untuk diberi cream cheese frosting.

Itulah cerita di hari Jumat yang seru. Makan siang bersama teman dengan menu yang sehat.

No comments:

Post a Comment